SMP Negeri 1 Grujugan, Sekolah Model dan Adiwiyata yang sejak 2013 melaksanakan kurikulum 2013. Dan kini juga melaksanakan kurikulum merdeka. Sekolah ini terletak di Jalan Bondowoso-Jember, Km. 8, Desa Taman, Kec. Grujugan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68261. Lokasi ini cukup strategis terletak di pinggir jalan raya Bondowoso-Jember sehingga memudahkan tranportasi bagi pejalan kaki, kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum dan mudah diakses atau dikenali oleh masyarakat Bondowoso dan lingkungan sekitarnya.

22 Juni 2011

INGIN SUKSES PLPG?

Ikuti Tip-Trik singkat di bawah ini:
  1. Siapkan mental guru Anda.
  2. Jaga kesehatan sebelum berangkat, tuntaskan masalah yang mengganggu di rumah dan sekolah dengan bijak
  3. Siapkan silabus dan RPP Anda. Usahakan yang sudah menerapkan pendidikan karakter dan budaya. Karena ini tuntutan hingga akhir 2014.
  4. Siapkan pengentahuan Anda tentang PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Usahakan tidak asal copas...Percuma...Karena disana direct-guid. Dibimbing langsung. Kalau ada cerita dari teman yang enak-enak jangan dipercaya dulu.
  5. Mulai sekarang kembangkan silabus berkarakter. Konsultasi dengan yang sudah di tatar. Juga susunlah RPPnya berdasarkan silabus yang telah Anda kembangkan. 
  6. Siapkan instrumen penilaian dan rubriknya pada setiap sesi penilaian yang Anda terapkan dalam RPP.
  7. Buat media (wajib) yang Anda gunakan dalam perencanaan pembelajaran (RPP) tersebut. Media harus benar-benar relefan dan sesuai dengan kebutuhan agar Anda sukses.
  8. Selesaikan waktu hari itu juga mulai mengembangkan silabus karakter, RPP hingga membuat berbagai lampiran instrumen yang menyertai. Bila perlu sampai Isya (jng lupa sholat ya). Agar Anda tidak dilibet tugas dan pekerjaan.
  9. Seriuslah tapi santai. Agar Anda tidak merasa terbebani dengan proses ini (PLPG).
  10. Tuntaskan membaca modul (tebal 20cm) dengan berbagai materi pengajaran dan kompetensi bidang studi Anda. Karena dari modul itu ujian tulis soal dibuat. Jika Anda mempelajari dijamin 100% tidak rugi, bahkan jaminan lulus ujian teori.
  11. Ber'doalah...semoga lulus dan ikhlaskan hati Anda menempuh proses ini.
Selamat PLPG!!!

ADA APA DENGAN PLPG?

Writed: Tuk Projodikoro, S.Pd

PLPG, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru adalah program Kementerian Pendidikan Nasional yang bertujuan meningkatkan kualitas profesi Guru. Mengapa harus PLPG, sebenarnya merupakan upaya alternatif yang akhirnya dilegal-formalkan sebagai agenda tetap dan resmi pemerintah sebagai pengganti penyaringan melalui portofolio. Sebagai kegiatan resmi, tentu bukan main-main, diharapkan membawa hasil peningkatan profesionalitas melalui pendidikan dan latihan kilat tersebut.
Tentu kita sebagai pendidik tidak perlu resah apalagi gusar. Dengan berprinsip sengsara membawa nikmat tentu harus diterapkan, walau jargon tersebut adalah miring namun benar adanya. Karena sebagian kita memang menganggap kegiatan ini hanya langkah formalitas.
Ah...apa benar demikian?
Janganlah..kasihan pemerintah dan masyaallah...menyedihkan jika kita menganggap upaya ini hanya formalitas. Bagi saya kegiatan ini sangatlah berguna dan tidak mengada-ada. Simaklah kejadian di bawah ini:
  1. Tiga (3) hari pertama diisi dengan kegiatan teori di kelas...Biasa, ada yang bosan dan sebagainya. Karena layaknya anak kuliah. Namun banyak yang antusias dengan menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya mumpung ada kesempatan seumur hidup 1 kali saja. Tiap sesi diakhiri dengan tanya jawab. Serba dinilai. Karena berbunyi pendidikan, maka implikasinya ada proses belajar disitu, sebagai proses belajar tentu harus ada perubahan. Makanya setiap proses dinilai oleh Dosen (Asessor). Bagi yang sering bertanya bernilai plus, demikian juga yang sering menjawab pertanyaan. Ada toleransi dari pengajar dengan membagi pertanyaan dan jawaban bergilir. Menurut saya (bukan idealis) inilah yang membuat kesan "gak sungguhan". Betapa tidak? Hanya memenuhi target memberi nilai, seorang assesor membagi pertanyaan dan jawaban pada peserta. Yang tidak bisa disuruh menjawab dengan membaca apa yang telah didisplay dengan LCD. hahahaaa....kaya' guyon ..gak lucu. Karena itu ada teman saya yang nyeletuk, "gak sungguhan ya Tuk...kaya' guyon". Nah....lo?
  2. Memasuki hari Workshop, ada peserta yang mulai gusar. Beberapa kejanggalan ditemui. Guru...oh...guru...Abdi negara calon pahlawan tanpa tanda jasa. Lo? Kok........Begini: ketika workshop menyusun perangkat pembelajaran, masyaalloh.....ada teman guru yang tidak bisa membuat RPP, apalagi harus mengembangkan silabus. Diam-diam saya tanya,"Pak...kenapa kesulitan?", dia menjawab:"Mas....sekian tahun jadi guru saya hanya beberapa kali membuat perangkat pembelajaran", jawabnya lirih. Nah....lo? Melihat kejadian ini rasanya memang perlu PLPG sebagai upaya peningkatan profesionalitas bahkan mutu guru. Bagaimana guru mengaku profesional? Kalau S1 dilalui dengan pendidikan instant, Kalau 3 tahun membuat perencanaan mengajar hanya 1 kali, Kalau mengajar sambil roko'an, Kalau mengajar diberi catatan dan ditinggal ngobrol, kalau...kalau...dan sekian banyak kalau.....
  3. Hari ke-5 ada yang jatuh dari tangga karena gugup, lebih dari 3 orang sudah mengundurkan diri karena sakit (moga cepet sembuh ya Alloh). Mengapa gugup? Shock terapi alamiah....melihat kampus Unej yang demikian luas. Semula di sekolah yang kecil, terpencil dan ....(hehehe....malu ah..) dihadapkan pada lingkungan baru yang demikian luas dan membawa misi profesional. Wajar Bapak-bapak yang pensiun kurang 1 tahu dan Ibu-ibu yang biasanya masak di rumah sambil mengajar jadi stressing. Terlebih melihat penginapan yang berjarak lumayan dari tempat kegiatan dan dikejar waktu karena Bus yang menjemput sudah datang. Nah...lo...mengapa kok begini Pak/Bu...Nah...lo...!!!
  4. Namanya workshop...harus ada kerja dan hasil. Dituntut harus ditulis tangan (alamak....) nggak sumbut dengan tujuan menkoninfo, jamannya era digital kok yo....kebangeten...! Wajar....karena Indonesiaku ini sudah membudaya "alon-alon waton klakon", "pingin urip enak ora gelem modal". Sehingga alasan Unej untuk menghindari shock teknologi, agar tidak terjadi copas (copy paste). Benar sih....tapi sebagai lingkungan profesional, tentu harus punya pencegah untuk menghindari hal tersebut. Jangan "digebyah uyah podho asine" alias disama ratakan. Saya yang (gak nyombong sih) yang orang TI rasanya gak pas melihat kondisi ini. Yah terpaksa...turuti menulis berlembar-lembar dengan tangan. Mulai neyusun proposal PTK hingga membuat perangkat mengajar dengan lampiran instrumennya. Sampai...jempol dan telunjuk mlentung alias bengkak karena kebanyakan menulis dengan tangan (menulis ya dengan tangan..masak dengan kaki. heheheee.....). Bermanfaatkah? Yah...ambil hikmahnya. Paling tidak...guru harus pintar menulis. Sebagai konseptor dan pendesain, tangan harus lincah. Itu hikmahnya.
  5. Makan berjamaah rasanya mengalahkan kegiatan sholat berjama'ah....apa iya? Saya yang menginap di Yabina ngrasa begitu. Makan nunggu di pencet bel...baru boleh makan. Menunya....Heheheheee....menu kerakyatan. Alhasil...siang lemas dan banyak yang sakit perut. Ditambah dengan donor tiap malam (Nyamuknya banyak Pak/Bu!).
  6. Peerteaching akrab juga micro teaching. Wah...biasa dong kan Guru. Hehehe...tunggu dulu? Banyak yang keringat dingin, pressing mental. Dan....wah...Bu...jangan kencing di kelas!....Hahaha....(Bener ada kok!). Oalah...Pak/Bu...ngapain gugup....kita guru Pak/Bu...!!!
Dan serangkaian keganjilan lain rasanya cukuplah membuat kita berkesimpulan: kita memang tidak profesional dan belum menampakkan mutu. Wajar pendidikan kita semakin merosot. Mentalitas anak-anak juga turun. Dengan penerapan pendidikan berkarakter macam apapun, kalau kita tidak memiliki karakter yang bagus sebagai pendidik rasanya sia-sia upaya pemerintah memberikan tunjangan 1x gaji pada guru (jangan dianggap ketinggian ya). Its real! Semoga PLPG hingga tahap terakhir membawa dampak positif yang signifikan bagi peningkatan mutu profesionalitas dan mutu personalitas guru (kita). Amin.
Tulisan ini tergesa-gesa, karena sebentar lagi penulis akan menyiapkan media dan lainnya untuk kegiatan peerteaching esok pagi! Selamat menyongsong tahap 2 dan seterusnya...!!! Semoga semua berhasil tanpa cacat dan cela. Amin!
-------------------------------
Baca tip-trik PLPG disini
-------------------------------

10 Juni 2011

Dokumen Sertifikasi lain juga siap diunduh

1. Buku Pedoman/Panduan
2. Format/Blangko Isian
3. Pedoman untuk dosen
4. Dokumen dalam format tanya jawab

KISI-KISI UJIAN PLPG

1 Juni 2011

INFO PENERIMAAN SISWA BARU 2011/2012

  • SYARAT PENDAFTARA:
  1. Telah lulus SD/MI, SDLB dan Memiliki Ijazah / STTB dan STL / STK yang dinyatakan lulus dan memiliki Danem / Danun / SKHUN / SKYBS, atau
  2. Program Paket A, memiliki Ijazah dan STL Program Paket A setara SD.
  3. Berusia setinggi-tingginya 18 tahun pada permulaan tahun pelajaran baru (per 11 Juli 2011)
  4. Dengan mempertimbangkan nilai Ujian Nasional bidang studi:
  • Bahasa Indonesia
  • Matematika
  • IPA

B. JADUAL PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU:
  1. Pengambilan Formulir                        : 27 Juni - 4 Juli 2011
  2. Pendaftaran                                       : 30 Juni - 4 Juli 2011
  3. Seleksi/Pengolahan Nilai                    : 5-6 Juli 2011
  4. Pengumuman                                     : 7 Juli 2011
  5. Daftar Ulang                                      : 7-8 Juli 2011
  6. Penerimaan Cadangan                       : 9 Juli 2011
  7. Permulaan Tahun Pelajaran Baru        : 11 Juli 2011
  8. Persiapan dan Pelaksanaan MOS      : 11 - 13 Juli 2011
  • BAGI SISWA YANG SELEKSI MELALUI NILAI UN DIUMUMKAN SETIAP HARI
  • PENDAFTARAN DIMULAI JAM 08.00 WIB  -  12.00 WIB

PENDIDIKAN KARAKTER MENUNTUT KONSEKWENSI PROFESI

Rewrite by P. Haqqi
Baru saja 10 Nopember kita lewati, banyak yang tidak tahu ada apa saat itu, bahkan ketika mengajar 90% murid tidak tahu kalau 10 Nopember adalah hari Pahlawan. Apalagi memaknainya. Blas!!!.

Peta nilai karakter membuat terkesima kita, bayangkan: jujur, demokratis, tanggungjawab, dan lainnya. Suatu nilai yang ideal! Melihat realita, andaikan Ki Hajar Dewantara masih hidup, beliau akan menangis tersedu!
Ing Ngarso Sung Tulodho, " Didepan memberikan contoh/teladan". Apa yang dapat diteladani dari guru? Datang kesekolah terlambat, jam mengajar molor dulu 10 menit/lebih, anak-anak disuruh mencatat alasan sibuk. Believe or not! (jangan marah rekan-rekan guru!).
Ing Madyo Mangun Karso, "Ditengah membangun semangat dan kreatifitas", Well! Ayo anak-anak jaga kebersihan kelas", lah....gurunya ngobrol tentang arisan dan lipstik yang dipakai. Ngajar tetap konvensional, materi tidak menguasai, tidak LKS diperdebatkan, disuruh membuat LKS banyak alasan! Maka jangan salahkan siswa begadang diluar kelas ketika jam pelajaran.
Tut Wuri Handayani, "Dibalakang memberikan dorongan", mungkin ini yang sukses. Sebab teman-teman saya selalu begini," Hai anak-anak belajar yang rajin!", "Jangan malas, mengerjakan PR!" Wkwkwkwk....... (tertawa itu). Weleh...weleh.... Kalau murid dilarang terlambat, mbokyo kita jangan terlambat!

PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SIAPA?
Melihat integrasi dengan kurikulum tentu untuk siswa. Melihat realitas mestinya gurunya juga harus memiliki keteladanan karakter. Tentu tulisan ini dianggap ngawur bagi pembaca, baiklah saya menerima bila pembaca mengatakan ngawur! Saya tidak akan menulis bila tidak ngawur kok. Bila tulisan ini nngawur, berarti Anda tidak jujur. (BERSAMBUNG..... ada tamu nih...)

MAKANAN SEHAT PEMBUAT CERDAS DAN CEMERLANG

Repost by P. Adi K
ANAK-ANAK INGIN cemerlang di sekolah? Cobalah untuk memperhatikan dengan jeli kebutuhan gizi dan nutrisi mereka setiap hari. Selain itu, ada baiknya pula memasukan 10 jenis makanan terbaik berikut ini. Makanan yang dijuluki "Brain Food" ini diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir anak-anak.
1. Salmon
Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 - DHA and EPA - yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut para ahli walaupun tuna mengandung asam omega-3, namun ikan ini tidaklah sekaya salmon.
2. Telur
Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.
3. Selai kacang
"Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.
4. Gandum murni
Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.
5. Oat/Oatmeal
Oat merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng -- yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.
6. Berry
Strawberry, cherry, blueberriy dan blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutritisi yang di kandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker.
Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry mengalami perbaikian dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berri ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega-3.
7. Kacang-kacangan
Kacang adalah makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang.
Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya -- khususnya ALA - jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak .
8. Sayuran berwarna
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.
9. Susu dan Yogurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak.
Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.
10. Daging sapi tanpa lemak
Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolag. Daging sapi tanpa lemak adalah salah atu sumber makanan yang mengandung banyak zat ebsi. Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari, maka tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi darai sumrbe lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat .
Khsusus bagi yang vegetarian, Anda dapat memanfaatkan kacang hitam dan burger kedelai sebagai pilihan. Kacang-kacangan adalah adalah sumber penting zat besi nonheme -- tipe zat besi yang membutuhkan vitamin C untuk di serap oleh tubuh . Mengonsumsi tomat , jus jeruk, strawberry dan kacang-kacangan juga dapat dipilih sebagai upaya mencukupi kebutuhan zat besi.

PESAN DAN CHATING YUK...!!!


ShoutMix chat widget