SMP Negeri 1 Grujugan, Sekolah Model dan Adiwiyata yang sejak 2013 melaksanakan kurikulum 2013. Dan kini juga melaksanakan kurikulum merdeka. Sekolah ini terletak di Jalan Bondowoso-Jember, Km. 8, Desa Taman, Kec. Grujugan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68261. Lokasi ini cukup strategis terletak di pinggir jalan raya Bondowoso-Jember sehingga memudahkan tranportasi bagi pejalan kaki, kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum dan mudah diakses atau dikenali oleh masyarakat Bondowoso dan lingkungan sekitarnya.

8 Maret 2023

SEJARAH SMP NEGERI 1 GRUJUGAN

SMP Negeri 1 Grujugan adalah salah satu sekolah yang keberadaannya sejak berdiri hingga bertahun-tahun berhasil mengantarkan putra-putri bangsa ke jenjang yang lebih tinggi,merupakan sekolah unggul dengan berbagai prestasi,baik akademik maupun non akademiknya,    prestasi dari peserta didiknya , pendidik maupun tenaga kependidikan sudah tidak diragukan lagi.

Adapun sejarah berdirinya SMP Negeri Grujugan adalah sebagai berikut :

 Pemerintah kabupaten Bondowoso pada  tahun 1980 merasa perlu menambah suatu lembaga sekolah yang merupakan perluasan dari SMP NEGERI 1 Bondowoso, yang  ditempatkan di desa Taman Kecamatan Grujugan.

            Pada tahun  1981 pembangunan gedung tersebut mulai dilaksanakan,tepatnya di sebelah utara gudang tembakau (Contik) dengan luas tanah sekitar 17700 m2 selama proses pembangunan pelaksanaan belajar mengajar,sementara ditempatkan di UPTD kecamatan.  

Pada tahun 1981 pembangunan gedung terus berlanjut,beberapa local yang telah selesai langsung ditempati untuk proses belajar mengajar, kelas jauh tersebut kemudian diberi nama SMP NEGERI  GRUJUGAN,yang pada saat itu ditunjuk sementara sebagai kepala sekolah yaitu Bapak Sukir,dengan Surat Keputusan Pendirian Sekolah dan Izin operasionalnya Nomor :0299/0/1982 tertanggal 09 Oktober 1982.

            Pada tahun 1982.Bapak Sukir digantikan oleh Bapak Jati Imam beliaupun juga masih menjabat sebagai pejabat sementara di SMP Negeri  Grujugan.

Ditahun berikutnya,yaitu tahun 1983 Bapak Jati Imam digantikan oleh ibu R.A.Siti Suleha,beliaulah yang menjadi kepala sekolah yang pertama di SMP Negeri Grujugan,sedangkan Bapak Jati Imam sendiri ditugaskan menjadi Kepala Sekolah SMP Negeri Sukosari - Bondowoso .

Ibu R.A.Siti Suleha menjabat sebagai Kepala Sekolah di SMP Negeri Grujugan – Bondowoso sampai dengan tahun 1990,kemudian beliau pindah tugas di SMP Negeri 6 Bondowoso.

Adapun sejak tahun 1990 sampai saat ini, di SMP Negeri Grujugan, dipimpin oleh  :

1. Bapak Drs.RIJONO dari tahun 1990 s/d  1995

2. Bapak ABD.RACHMAN SYARIFUDIN dari tahun

     1995 s/d 1998                             

3. Bapak HANI PAMINTO,S.Pd  dari tahun 1998

      s/d 1999. 

4. Bapak Drs.SUDJA’I  dari tahun 1999 S/D

     2003

5. Bapak AH.MURSYID,S.Ag dari tahun 2003 s/d 

     2008

6. Bapak Drs. AHMAD SUBQI,M.MPd dari

     tahun2008 s/d 2010 

7.Ibu UMMI RAHAYU,SPd dari tahun 2010 s/d

    2019

8.Bapak Drs.SLAMET HARIYADI,MPd dari tahun

    2019 sampai saat ini.

 

     Seiring dengan perkembangan waktu gedung sekolah yang semula bernama SMP Negeri Grujugan berubah menjadi SMP Negeri 1 Grujugan,mengingat sekitar tahun 1996  ada sekolah baru yaitu SMP Negeri 2 Grujugan, sampai saat ini SMP Negeri 1 Grujugan telah mempunyai gedung yang cukup memadai, dengan bangunan ruang kelas sebanyak 21 ruang,selanjutnya dari 21 ruang kelas,1 ruang diubah fungsinya menjadi ruang guru,1 ruang diubah menjadi ruang wakasek dan urusan, 1 ruang diubah menjadi ruang UKS,1 ruang diubah ruang KOPSIS dan 1 ruang diubah menjadi ruang laboratorium bahasa,dan ada juga ruang ketrampilan diubah menjadi ruang tata usaha,ruang kepala sekolah ,bimbingan konseling dan gudang.

Sedangkan ruang lain yang ada di SMP Negeri 1 Grujugan adalah ruang laboratorium IPA,ruang laboratorium computer,ruang perpustakaan ,musholla dan pos satpam.

Selain dengan tersedianya berbagai macam bangunan gedung / ruang,SMP Negeri 1 Grujugan juga ditunjang dengan fasilitas sarana prasarana lain yang  cukup lengkap sebagai sarana pembelajaran dengan lingkungan yang cukup sejuk dan asri karna ditumbuhi pepohonan yang cukup rindang,serta indahnya  tanaman-tanaman yang menghiasi masing-masing kelas dengan didukung banyaknya pendidik dan tenaga kependidikan yang cukup professional dalam bidangnya serta  letak dari bagunan gedung SMP Negeri 1 Grujugan yang sangat strategis,yaitu ditepi jalan propinsi Jember Bondowoso,menjadikan sekolah ini dari tahun ke tahun semakin maju dan berkembang dengan pesat.

     

                                                                                                       Grujugan 24 Februari 2023
                                                                                                       Ditulis oleh:

                                                                                           ERNA SUSANTI,SI.Pust                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Coment-nya: